Kamis, 11 Oktober 2012

Cara Mengawinkan Ikan Cupang


Cara mengawinkan ikan cupang - Ikan cupang adalah salah satu ikan yang mampu bertahan hidup dalam waktu lama meskipun ikan tersebut ditempatkan di wadah yang airnya sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator).
Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.
Pada dasarnya  mengawinkan ikan cupang itu bisa dibilang gampang-gampang susah, dibalang gampang karena hampir setiap ikan cupang yg dikawinkan akan memijah, tapi susahnya yaitu merawat anakan ikan agar tetap hidup sampai menjadi ikan dewasa. Ikan cupang memiliki sifat monogamy, jadi dalam setiap pemijahan hanya ada 1 jantan dan 1 betina. Untuk urusan membedakan antara ikan cupang jantan dan betina,saya yakin anda sekalian sudah tahu perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina, karena jika dilihat  sepintaspun kita sudah bisa membedakan perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina. Salah satu perbedaanya yaitu terletak pada warna dan sirip ikan, Ikan cupang jantan memiliki warna yang cerah dan sirip yang panjang/mengembang, sedangkan ikan cupang betina berwarna agak kusam dan siripnya pendek.
Untuk memijahkan ikan cupang kita tidak memerlukan tempat yg luas, karna pemijahan ikan cupang dapat dilakukan di wadah-wadah kecil seperti aquarium kecil,baskom,ember ,dll.                                        Berikut ini Cara Mengawinkan  Ikan Cupang :
  •  Siapkan wadah berupa aquarium,ember atau baskom, lalu isi dengan air bersih yang sudah diendapkan setinggi 15-20 cm, dan jangan lupa masukan tanaman air atau dedaunan yang nantinya akan dijadikan sarang berupa buih/busa oleh ikan cupang jantan untuk menyimpan telur. 
  • Untuk  poin yg kedua ini ada 2 cara yaitu : Cara yg pertama yaitu masukan ikan cupang jantan dan betina kedalam wadah pemijahan yg td sudah dipersiapkan secara bersamaan. dan untuk cara yang kedua yaitu dengan memasukan ikan cupang jantan terlebih dahulu ke wadah pemijahan, dan untuk ikan cupang betina dimasukan ke wadah lain seperti gelas bekas air mineral atau wadah lain, dekatkan kedua indukan tersebut, tujuannya yaitu agar si jantan membuat sarang berupa gelembung air.
  • Jika gelembung yang di hasilkan oleh ikan cupang  jantan sudah banyak, masukan indukan ikan cupang betina yg td dipisahkan kedalam wadah pemijahan.
  • Tutup wadah pemijahan dengan penutup apa saja, yang penting penutup tersebut memiliki lubang sebagai tempat keluar masuknya udara.hal yang paling mudah yaitu menggunakan dus bekas yang sudah dilubangi.
  • Simpan wadah pemijahan td di tempat yang agak gelap dan sunyi, karena menurut pengalaman ikan cupang akan sulit memijah jika disimpan di tempat yg terang dan ramai.
  • Jangan lupa melakukan pengecekan, karena biasanya dalam waktu 1-2 hari ikan cupang sudah memijah.Ciri dari ikan cupang yg sudah memijah yaitu akan terdapat butiran-butiran kecil (telur)  yang menempel pada busa,dan biasanya indukan betina akan berenang dipermukaan, karena jika sudah terjadi pemijahan indukan jantan akan mengusir indukan betina untuk jauh-jauh dari sarang.
  • Jika ikan cupang sudah terjadi pemijahan, segera angkat indukan betina, karena banyak kasus indukan betina akan memakan kembali telur-telur yang sudah mereka keluarkan.
  • Biasanya dalam waktu 1-2 hari telur-telur ikan akan menetas dan menjadi burayak.
Mungkin hanya itu yang bisa saya share tentang Cara Menawinkan Ikan Cupang, dan untuk Cara Merawat Burayak/Anakan ikan Cupang akan saya share di postingan berikutnya.
Semoga artikel ini bermanfaat.....
Judul: Cara Mengawinkan Ikan Cupang; Ditulis oleh e

Judul: Cara Mengawinkan Ikan Cupang; Ditulis oleh mix blend; Rating Blog: 5 dari 5

13 komentar:

  1. klo digabungin yang jantan dan betina nya kok malah di kejar kejar ma yang jantan.

    BalasHapus
  2. kalo ngawinin lebih bagus di akuarium kecil atau di baskom . . ?? infonya dong makasih . . :)

    BalasHapus
  3. Saat proses pemijahan berlangsung, cupangnya dikasih makan seperti biasa atau ada makanan khusus ya? Trims...

    http://farihihsan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Mending di daftarin aja dlu di KUA setempat...biar lebih afdol hahahhahaaaaa

    BalasHapus
  5. saat pemijahan dikash mkn kodok aja

    BalasHapus
  6. kalo dikawininnya di toples Astor boleh gak ?

    BalasHapus
  7. bisaga kalau ikan cupang bagan di kawinin sama ikan halfmon

    BalasHapus
  8. Gan,,cupang bagan kawininnya sama gak gan,,,mohon penjelasannya

    BalasHapus
  9. kawinnya sama ikan oscar aja dijamin
    hasilnya spektakuler

    BalasHapus
  10. Punya hp Android ? Rugi kalau cuma buat sms, telepon dan on line saja. Karena dengan hp Android kita bisa menghasilkan uang dan dapat di tukar untuk membeli diamond di line get rich dan permainan lainnya. Langsung saja cara mendapatkan dolar dengan daftar whaff rewards :1. Masuk ke Google Play, cari/Search : WHAFF (ukuran 14MB)2. Download aplikasi whaff dan Install di Android kamu.3. Kemudian buka dan Login dengan FB (atas) dan masukan Premium Code Invite : AP39960(harus masukin kode ini karena setelah masukin kode ini akan mendapatkan $) 4. SelesaiSetelah berhasil login silahkan lakukan like FP dari WHAFF dan beberapa aksi lainnya untuk mendapatkan uangUntuk cara payout atau pembayarannya Whaff menggunakan banyak metode yaitu Xbox Live Gift, Playstasion@store Gift Card, Amazon Gift Cards, Google play Gift card, steam gift card, facebook gift card, iTune gift card dan Paypal. Kalau saya lebih suka menggunakan Paypal karena bisa dikirim ke Bank Indonesia. Jika belum mempunyai Paypal daftar dulu caranya cara daftar Paypal . Untuk cara Payout whaff menggunakan paypal caranya sebagai berikut : Masuk ke aplikasi whaff lalu pilih menu browse lalu pilih exchange. Scroll ke bawah pilih Paypal. Masukan jumlah payout dan e-mail Paypal. Selanjutnya klik Payout. Proses payout akan terkirim dalam waktu 1-3 hari  . Pengalaman pribadi saya tidak sampai 24 jam sudah terkirim, kecuali hari libur.

    BalasHapus
  11. sebelum mengawinkan ada baiknya dijodohkan terlebih dahulu, caranya disini : cara menjodohkan ikan cupang

    untuk info seputar ikan cupang yang lain ada di sini : ikan cupang sehat
    mampir juga ya

    BalasHapus