Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Merawat Burayak/Anakan Ikan Cupang


Cara Merawat Burayak/Anakan ikan Cupang - Pada postingan sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang bagaimana CaraMengawinkan Ikan Cupang, dan untuk postingan kali ini, saya akan mencoba berbagi sedikit tentang Cara Merawat Anakan/Burayak Ikan Cupang.
Merawat anakan ikan cupang menurut saya merupakan bagian tersulit dari budidaya ikan yang satu ini, karena selain ukurannya yang sangat kecil kita juga dituntut untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam merawat anakan ikan cupang.
Untuk tiga hari pertama, burayak/anakan ikan cupang yang baru menetas tidak perlu kita kasih pakan, karena anakan tersebut masih mempunyai asupan makanan dari kuning telur mereka. Tapi untuk hari berikutnya kita sudah harus mulai memberi anakan pakan berupa mahluk-mahluk kecil berupa plankton,infusaria dan yang lainnya. Tapi bagaimana caranya kita bisa menemukan mahluk-mahluk kecil tersebut? untuk hal itu anda sekalian bisa cari atau tanya di mesin pencari google atau anda bisa klik disini untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan pakan untuk burayak ikan cupang.
Setelah cadangan kuning telur yang dimilki anakan ikan habis, anakan ikan cupang harus sudah mulai di beri pakan,biasanya saya menggunakan air rendaman Kol yang sudah dibusukan kurang lebih selama satu minngu.Berikan pakan tersebut secukupnya, dan pemberian pakan dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. pemberian pakan ini dilakukan sampai kira-kira anakan berumur kurang lebih 10 hari. Pada saat anakan berumur 10 hari, anakan sudah harus dipindahkan kedalam wadah yang lebih besar, tujuannya adalah agar pertumbuhan anakan bisa lebih cepat.
Pindahkan anakan ikan kedalam wadah yang lebih besar dengan hati-hati dan pisahkan indukan jantan ke wadah lain, karena pada usia ini anakan ikan cupang sudah tidak perlu diasuh oleh indukan jantan karena anakan ikan cupang sudah bisa berenang dengan sempurna.
Pada usia ini juga anakan ikan cupang sudah mulai bisa diberi pakan berupa kutu air, jentik nyamuk dan cacing sutra jika memungkinkan (jika di daerah anda mudah didapat),dengan catatatan harus disaring terlebih dahulu.
Faktor lain yang tidak kalah penting dalam merawat burayak/anakan ikan cupang yaitu pergantian air.
Lakukan pergantian air minimal 5 kali sehari yaitu sebanyak 70-80% dari jumlah total air yang ada dalam wadah pemijahan.Pergantian air dilakukan denagan cara disedot/sifon untuk membuang kotoran ikan yang ada di dasar wadah pemijahan. lakukan penyedotan ini menggunakan selang kecil dan usahakan berhati-hati dalam melakukan penyedotan agar anakn ikan tidak ikut tersedot.
Saat anakan ikan berumur 45 hari, anakan ikan sudah harus mulai dipindahkan lagi kedalam beberapa wadah lain, hal ini dilakukan karena pada usia ini anakan ikan sudah mulai memiliki jiwa petarung dan akan saling menyerang. Anakan ikan bisa kita pindahkan kedalam wadah yang berukuran agak besar (drum,baskom,toples besar,dll) dan jangan lupa masukan tanaman air atau serabut rafia ke dalam wadah pembesaran tersebut, hal ini bertujuan untuk mengurangi/menghindari perkelahian antar anakan ikan.


Biarkan saja anakan ikan di wadah tadi sampai kira-kira anakan berumur 60 hari, dan setelah anakan berumur 60 hari, anakan ikan sudah harus dipindahkan lagi ke wadah lain, karena pada usia ini anakan sudah dapat dibedakan antara ikan jantan dan betina. Perbedaan yang mencolok dapat kita lihat dari warna ikan.
Anakan cupang jantan akan memiliki warna yang lebih cerah daripada anakan cupang betina.
Berikut saya kasih contoh:

Cukup jelaskan perbedaannya?
Oh ya pisahkan anakan ikan yang sudah berumur kurang lebih 60 hari tadi ke dalam wadah-wadah kecil, wadah bisa menggunakan apa saja seperti bekas botol air mineral,toples kecil,botol bekas syirup,dll.pindahkan anakan tersebut 1 ekor untuk setiap wadah...

 
Mungkin itu saja yang bisa bagi dengan kalian semua,,, dan maaf kalau misalkan tulisannya jelek, maklum saya gk biasa nulis,,,,


Judul: Cara Merawat Burayak/Anakan Ikan Cupang; Ditulis oleh mix blend; Rating Blog: 5 dari 5

36 komentar:

  1. thanks brow....
    baru pertama nie qw , memelihara cupang, dan skrng msh bertelur tadi pagie

    BalasHapus
  2. Tadi pagi juga telur uda netes broo..

    BalasHapus
  3. apa tidk pakan alternatif burayak selain kol busuk itu,,,, ????

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Wr.Wb
    kalau telurnya bru mnetas bisa gak jntn nya dipisah? dan tlur nya da ekor tpi gk bregerak,, gimana tu? pa da mti?

    BalasHapus
  5. slm knal smua. skedar ksh saran ja. utk indukan jantan yg anak2nya mash umuran d bwah 10 hr, jgn dlu d angkat, biarkan dia merawat anakannya smpai 10 hr. klw bs, utk indukan yg bru pertama x melakukan prkawinan, biarkan dia slama mungkin mengurus anak2nya sampai bs brenang dg lancar.

    BalasHapus
  6. selain kol busuk bisa juga dengan kuning telur rebus yag dinacurkan sampai halus

    BalasHapus
  7. Thanks Gan... Gw ikuti tips nya dari cara mamijahkan sampai merawat anakan nya.. Thanks ya Gan

    BalasHapus
  8. sob mau tanya, ko sinduk jantannya kaya ngemakanin burayak cupangnya ya pas burayaknya lahir, apa itu tidak apa apa ya ?

    BalasHapus
  9. nanti juga dimuntahin lagi anaknya cuma ngelindungin aja itu mah, soalnya kamu ngeliatin dia jadi indukanya takut kamu ambil anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu, trus si induknya tetep kita kasih makan ga sob pas ngerawat burayaknya ? moon infonya.. ^^

      Hapus
  10. stelah kantung telur abis..
    pd ank cupang...

    ksih mkan'a kol yg direndem sminggu,nah kol'a itu hrs d halusin?
    ap gmn...mohon d jwb gan :)

    BalasHapus
  11. mas bro saya mau nanya nih,burayak yg berumur 8 hari dksh makan apa ya,wah klo kutu air susah nyarinya gan,dan seumur hidupku jg lum pernah nemuin/melihat yg namanya kutu air

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli di penjual ikan cupang biasanya ada bro :)

      Hapus
  12. gan klu burayak gak mau mkn kuning telur ge mna gan,,,,,

    BalasHapus
  13. maaf pak admin. itu shipon air ga salah 5 hari sekali bang.. ??

    BalasHapus
  14. Ane mau tanya Gan, untuk pergantian air itu harus berapa kali?

    BalasHapus
  15. penyiapan calon kolam pembesaran burayak ikan( anak ikan umur 3hri)...caranya..isi kolam sampai 9 cm..beri pupuk kandang,sayur kol secukupnya,air gula atau tetes, biarkan selama 1 mggu...setelah itu burayak bisa dimasukkan kkiolam tanpa diberi makan sampai ukuran burayak sebesar lidi..setelah sebesar lidi dikasih makan cacing sutera. tambah juga debit air sampai 20 cm...jika kurang jelas kalian bisa sms di nomer 087874951989...graatis kok...karena dulu saya juga seperti temen2 semua...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ad pin bb gk mas ... soal ny pulsa jarang di isi ,

      Hapus
  16. thanks gan.. singkat padat dan bermanfaat infonya // salam santai.

    BalasHapus
  17. bro mw tanya,, burayak w da tiga hari..
    cari makanan susah..
    tumbuhan air bisa membantu tidak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuning telur rebus aja gan , terus di alusin
      kasih aja itu mw kok

      Hapus
    2. kaga mau dimakan kang, yang ada air-nya malah butek masa.

      Hapus
  18. mf ni... mu tnya... sya ko ga bsa bndingin y mna yg jntan mna yg btina?????
    klo betina bsa ngluarin busa ga sih????
    trus klo jntan ma betina di satuin berantem ga sih... mhon inpo ny ya mas mas.... mtatih. heheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijin mau bantu jawab ya min. :D

      kalo menurut penglihatan saya ya kang deni, kalau janan tuh buntutnya rada panjang, bagus, cerah, dan pokoknya menarik untuk dilihat serta dasinya panjang. kalau betina sebaliknya..

      trus betina pastinya ngeluarin busa kalau betina tersebut disatukan dengan jantan, tapi betina yang pastinya siap untuk dikawinkan dengan si jantan...

      sebenarnya bukan berantem sih kang, cuma lagi PDKT aja tuh cupangnya.. :D

      kalau ada yang kurang maaf ya min... hihihi.. ^^

      Hapus
  19. baru lahir kok induknya ngemakanin burayaknya? gua kasih keluar induknya dua nya", bsknya gua kasih masuk lgi, karna ngeliat blog ini, kok masih dimakan sih ? jelasin dong caranya ?

    BalasHapus
  20. jangan d pisahin indukan jantannya itu namanya bkn d makan tp d rawat krn pengen ajarin si anak berenang ,betina d pisahin aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen ngajarin berenang anaknya ? tapi setelah keesokan harinya burayaknya tinggal sedikit kang (tidak sebanyak pertama kali baru menetas), padahal saya sudah ikuti prosedur yang ada di blog ini... hmm...

      Hapus
  21. Apa Makanan ikan cupang yg mudah di dapat

    BalasHapus
  22. Mau tanya bung......selain kuning telur...?apakah susu bubuk bisa mnjdi pakan buat anak cupang (burayak)....?

    BalasHapus
  23. Hehhehe :D Saya masih pemula nih mas :D Tadi pagi cupang saya menetas apakah udah boleh di kasih makan ? sebaiknya apa kalo udah 3 hari ?

    BalasHapus
  24. Mw nanya ne gan..
    Ane liat da burayak yg d dasar itu mati ato masih hidup yak gan..??
    Oia bagusx ganti air dlam wadah burayak itu setelah burayak umur brpa y gan..!!!

    BalasHapus
  25. Maaf gan,
    Kalau ada kasus burayak dimakan sama induknya itu karena sring diintip kayaknya.
    induknya takut burayaknya diambil, jadi lebih baik dia makan itu burayak, itu salah satu cara mereka survive di alam liar gan, jadi lebih baik di tutup wadahnya atau di taruh ditempat yang sepi ga ada orang mondar mandir, lihatnya cukup pas beri pakan aja gan hehehehehe....

    maaf kalu ada yang salah mohon koreksi :D

    BalasHapus