Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Merawat Burayak/Anakan Ikan Cupang


Cara Merawat Burayak/Anakan ikan Cupang - Pada postingan sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang bagaimana CaraMengawinkan Ikan Cupang, dan untuk postingan kali ini, saya akan mencoba berbagi sedikit tentang Cara Merawat Anakan/Burayak Ikan Cupang.
Merawat anakan ikan cupang menurut saya merupakan bagian tersulit dari budidaya ikan yang satu ini, karena selain ukurannya yang sangat kecil kita juga dituntut untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam merawat anakan ikan cupang.
Untuk tiga hari pertama, burayak/anakan ikan cupang yang baru menetas tidak perlu kita kasih pakan, karena anakan tersebut masih mempunyai asupan makanan dari kuning telur mereka. Tapi untuk hari berikutnya kita sudah harus mulai memberi anakan pakan berupa mahluk-mahluk kecil berupa plankton,infusaria dan yang lainnya. Tapi bagaimana caranya kita bisa menemukan mahluk-mahluk kecil tersebut? untuk hal itu anda sekalian bisa cari atau tanya di mesin pencari google atau anda bisa klik disini untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan pakan untuk burayak ikan cupang.
Setelah cadangan kuning telur yang dimilki anakan ikan habis, anakan ikan cupang harus sudah mulai di beri pakan,biasanya saya menggunakan air rendaman Kol yang sudah dibusukan kurang lebih selama satu minngu.Berikan pakan tersebut secukupnya, dan pemberian pakan dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. pemberian pakan ini dilakukan sampai kira-kira anakan berumur kurang lebih 10 hari. Pada saat anakan berumur 10 hari, anakan sudah harus dipindahkan kedalam wadah yang lebih besar, tujuannya adalah agar pertumbuhan anakan bisa lebih cepat.
Pindahkan anakan ikan kedalam wadah yang lebih besar dengan hati-hati dan pisahkan indukan jantan ke wadah lain, karena pada usia ini anakan ikan cupang sudah tidak perlu diasuh oleh indukan jantan karena anakan ikan cupang sudah bisa berenang dengan sempurna.
Pada usia ini juga anakan ikan cupang sudah mulai bisa diberi pakan berupa kutu air, jentik nyamuk dan cacing sutra jika memungkinkan (jika di daerah anda mudah didapat),dengan catatatan harus disaring terlebih dahulu.
Faktor lain yang tidak kalah penting dalam merawat burayak/anakan ikan cupang yaitu pergantian air.
Lakukan pergantian air minimal 5 kali sehari yaitu sebanyak 70-80% dari jumlah total air yang ada dalam wadah pemijahan.Pergantian air dilakukan denagan cara disedot/sifon untuk membuang kotoran ikan yang ada di dasar wadah pemijahan. lakukan penyedotan ini menggunakan selang kecil dan usahakan berhati-hati dalam melakukan penyedotan agar anakn ikan tidak ikut tersedot.
Saat anakan ikan berumur 45 hari, anakan ikan sudah harus mulai dipindahkan lagi kedalam beberapa wadah lain, hal ini dilakukan karena pada usia ini anakan ikan sudah mulai memiliki jiwa petarung dan akan saling menyerang. Anakan ikan bisa kita pindahkan kedalam wadah yang berukuran agak besar (drum,baskom,toples besar,dll) dan jangan lupa masukan tanaman air atau serabut rafia ke dalam wadah pembesaran tersebut, hal ini bertujuan untuk mengurangi/menghindari perkelahian antar anakan ikan.


Biarkan saja anakan ikan di wadah tadi sampai kira-kira anakan berumur 60 hari, dan setelah anakan berumur 60 hari, anakan ikan sudah harus dipindahkan lagi ke wadah lain, karena pada usia ini anakan sudah dapat dibedakan antara ikan jantan dan betina. Perbedaan yang mencolok dapat kita lihat dari warna ikan.
Anakan cupang jantan akan memiliki warna yang lebih cerah daripada anakan cupang betina.
Berikut saya kasih contoh:

Cukup jelaskan perbedaannya?
Oh ya pisahkan anakan ikan yang sudah berumur kurang lebih 60 hari tadi ke dalam wadah-wadah kecil, wadah bisa menggunakan apa saja seperti bekas botol air mineral,toples kecil,botol bekas syirup,dll.pindahkan anakan tersebut 1 ekor untuk setiap wadah...

 
Mungkin itu saja yang bisa bagi dengan kalian semua,,, dan maaf kalau misalkan tulisannya jelek, maklum saya gk biasa nulis,,,,


Judul: Cara Merawat Burayak/Anakan Ikan Cupang; Ditulis oleh mix blend; Rating Blog: 5 dari 5

73 komentar:

  1. thanks brow....
    baru pertama nie qw , memelihara cupang, dan skrng msh bertelur tadi pagie

    BalasHapus
  2. Tadi pagi juga telur uda netes broo..

    BalasHapus
  3. apa tidk pakan alternatif burayak selain kol busuk itu,,,, ????

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Wr.Wb
    kalau telurnya bru mnetas bisa gak jntn nya dipisah? dan tlur nya da ekor tpi gk bregerak,, gimana tu? pa da mti?

    BalasHapus
  5. slm knal smua. skedar ksh saran ja. utk indukan jantan yg anak2nya mash umuran d bwah 10 hr, jgn dlu d angkat, biarkan dia merawat anakannya smpai 10 hr. klw bs, utk indukan yg bru pertama x melakukan prkawinan, biarkan dia slama mungkin mengurus anak2nya sampai bs brenang dg lancar.

    BalasHapus
  6. selain kol busuk bisa juga dengan kuning telur rebus yag dinacurkan sampai halus

    BalasHapus
  7. Thanks Gan... Gw ikuti tips nya dari cara mamijahkan sampai merawat anakan nya.. Thanks ya Gan

    BalasHapus
  8. sob mau tanya, ko sinduk jantannya kaya ngemakanin burayak cupangnya ya pas burayaknya lahir, apa itu tidak apa apa ya ?

    BalasHapus
  9. nanti juga dimuntahin lagi anaknya cuma ngelindungin aja itu mah, soalnya kamu ngeliatin dia jadi indukanya takut kamu ambil anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu, trus si induknya tetep kita kasih makan ga sob pas ngerawat burayaknya ? moon infonya.. ^^

      Hapus
    2. hahaha,,,jangan di liatin..
      ikan takut telurnya di makan kamu

      becanda bray

      Hapus
    3. jgn di kasih makan sampai 3 hari bray,karena indukan puasa selama 3 hari dari burayak menetas bray!

      Hapus
    4. bro anakan cupang gw udah umur 6 hari kasih makan apa ya gw kasih pelet di alusin kuaran mau

      Hapus
  10. stelah kantung telur abis..
    pd ank cupang...

    ksih mkan'a kol yg direndem sminggu,nah kol'a itu hrs d halusin?
    ap gmn...mohon d jwb gan :)

    BalasHapus
  11. mas bro saya mau nanya nih,burayak yg berumur 8 hari dksh makan apa ya,wah klo kutu air susah nyarinya gan,dan seumur hidupku jg lum pernah nemuin/melihat yg namanya kutu air

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli di penjual ikan cupang biasanya ada bro :)

      Hapus
  12. gan klu burayak gak mau mkn kuning telur ge mna gan,,,,,

    BalasHapus
  13. maaf pak admin. itu shipon air ga salah 5 hari sekali bang.. ??

    BalasHapus
  14. Ane mau tanya Gan, untuk pergantian air itu harus berapa kali?

    BalasHapus
  15. penyiapan calon kolam pembesaran burayak ikan( anak ikan umur 3hri)...caranya..isi kolam sampai 9 cm..beri pupuk kandang,sayur kol secukupnya,air gula atau tetes, biarkan selama 1 mggu...setelah itu burayak bisa dimasukkan kkiolam tanpa diberi makan sampai ukuran burayak sebesar lidi..setelah sebesar lidi dikasih makan cacing sutera. tambah juga debit air sampai 20 cm...jika kurang jelas kalian bisa sms di nomer 087874951989...graatis kok...karena dulu saya juga seperti temen2 semua...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ad pin bb gk mas ... soal ny pulsa jarang di isi ,

      Hapus
  16. thanks gan.. singkat padat dan bermanfaat infonya // salam santai.

    BalasHapus
  17. bro mw tanya,, burayak w da tiga hari..
    cari makanan susah..
    tumbuhan air bisa membantu tidak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuning telur rebus aja gan , terus di alusin
      kasih aja itu mw kok

      Hapus
    2. kaga mau dimakan kang, yang ada air-nya malah butek masa.

      Hapus
    3. pakai microworm coba mas

      https://www.youtube.com/watch?v=dhHHKjdO7wI

      Hapus
    4. Kok betina memiliki bintik putih di perut nya(bagian bawah)
      Kolau si jantan sebaliknya

      Hapus
  18. mf ni... mu tnya... sya ko ga bsa bndingin y mna yg jntan mna yg btina?????
    klo betina bsa ngluarin busa ga sih????
    trus klo jntan ma betina di satuin berantem ga sih... mhon inpo ny ya mas mas.... mtatih. heheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijin mau bantu jawab ya min. :D

      kalo menurut penglihatan saya ya kang deni, kalau janan tuh buntutnya rada panjang, bagus, cerah, dan pokoknya menarik untuk dilihat serta dasinya panjang. kalau betina sebaliknya..

      trus betina pastinya ngeluarin busa kalau betina tersebut disatukan dengan jantan, tapi betina yang pastinya siap untuk dikawinkan dengan si jantan...

      sebenarnya bukan berantem sih kang, cuma lagi PDKT aja tuh cupangnya.. :D

      kalau ada yang kurang maaf ya min... hihihi.. ^^

      Hapus
  19. baru lahir kok induknya ngemakanin burayaknya? gua kasih keluar induknya dua nya", bsknya gua kasih masuk lgi, karna ngeliat blog ini, kok masih dimakan sih ? jelasin dong caranya ?

    BalasHapus
  20. jangan d pisahin indukan jantannya itu namanya bkn d makan tp d rawat krn pengen ajarin si anak berenang ,betina d pisahin aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen ngajarin berenang anaknya ? tapi setelah keesokan harinya burayaknya tinggal sedikit kang (tidak sebanyak pertama kali baru menetas), padahal saya sudah ikuti prosedur yang ada di blog ini... hmm...

      Hapus
  21. Apa Makanan ikan cupang yg mudah di dapat

    BalasHapus
  22. Mau tanya bung......selain kuning telur...?apakah susu bubuk bisa mnjdi pakan buat anak cupang (burayak)....?

    BalasHapus
  23. Hehhehe :D Saya masih pemula nih mas :D Tadi pagi cupang saya menetas apakah udah boleh di kasih makan ? sebaiknya apa kalo udah 3 hari ?

    BalasHapus
  24. Mw nanya ne gan..
    Ane liat da burayak yg d dasar itu mati ato masih hidup yak gan..??
    Oia bagusx ganti air dlam wadah burayak itu setelah burayak umur brpa y gan..!!!

    BalasHapus
  25. Maaf gan,
    Kalau ada kasus burayak dimakan sama induknya itu karena sring diintip kayaknya.
    induknya takut burayaknya diambil, jadi lebih baik dia makan itu burayak, itu salah satu cara mereka survive di alam liar gan, jadi lebih baik di tutup wadahnya atau di taruh ditempat yang sepi ga ada orang mondar mandir, lihatnya cukup pas beri pakan aja gan hehehehehe....

    maaf kalu ada yang salah mohon koreksi :D

    BalasHapus
  26. makasih gan, nice share (y)
    gak apa, gak masalah tulisannya.
    malah tulisan ini lebih mudah dimengerti walaupun terlihat sedikit rapat.
    over all okelah !saya juga gak bisa nulis.
    saya masih bingung masalah pakan anakan !
    saya kasih saja kutu air saat usia anakan 4 hari. Kutu air yg besar sama yang kecil saya asal masuk.
    saya sudah coba kuning telur dan burayak pada mati seperti sebulan yg lalu.
    masalah kol busuk..thats good idea juga ya (ada parameciumnya).

    salam blogger

    BalasHapus
  27. kenapa buraya saya umur 4 minggu mati semua hampir bersamaan. awalnya muncul bintik2 putih d badan. mohon infonya

    BalasHapus
  28. pakan anakan cupang sebaiknya gunakan microwrom
    minat hub:082370633194
    atau
    fb:ranjhafriel
    hanya Rp.10.000 ,- pakan yang Terbaik

    BalasHapus
  29. bagaimana kalo gak punya penyedot airnya? gimana mau ganti airnya?

    BalasHapus
  30. Kami dari JURAGAN IKAN SURABAYA menjual paket STARTER MICROWORM untuk pakan anakan ikan hias anda.

    Anda tidak mau kan anakkan/ indukkan/ bibit / benih ikan anda mati satu per satu? tenang saja. KAMI SOLUSINYA. Dijamin anakkan ikan anda akan sehat tanpa ada yang mati, karena sesuai dan cocok dengan bukaan mulut. cocok untuk ikan hias dan yang lainnya, Kami siap kirim ke tempat-tempat terjauh anda dengan harga terjangkau dan murah, cukup sms dengan format: Nama_alamat_jumlahpesanan, dankirim ke 0856 362 9952. Maka kami akan kirim balasan harga yang harus anda transfer. ini bukan penipuan.
    Microworm termasuk dalam jenis cacing nematoda yang bisa hidup dimana saja. Bentuk microworm menyerupai cacing dengan warna putih dan panjang sekitar 1mm-8mm. Microworm sangat baik sebagai makanan ikan alami yang baru menetas, seperti ikan cupang, guppy, danio zebra dll.
    Keuntungan Menggunakan Microworm:
    · Cepat berkembang biak
    · Kultur mudah
    · Pergerakan menarik perhatian ikan.

    PILIHAN PAKET KAMI:
    1. PAKET COD DAN AMBIL KE OFFICE.
    anda bisa ambil di office kami dengan harga 25.000 (include wadah kultur) open 24jam / harga ambil di office 20.000(exclude wadah kultur). Atau anda bisa COD daerah juanda sampai pelabuhan perak dengan harga 30.000 (sudah termasuk dari 2 paket starter MW, ongkos COD 5.000, 1 wadah kultur).

    2. PAKET KIRIM SELURUH INDONESIA, FREE ONGKOSKIRIM KEMANAPUN
    anda yang berada di seluruh indonesia jangan khawatir Microworm dapat bertahan 1minggu dikeadaan tertutup/dalam packing. Cukup merogoh dompet 40.000 (sudah termasuk dari 1 paket starter MW, termasuk ongkoskirim dimanapun anda berada; tidak termasuk wadah kultur).

    3. PAKET RESELLER KIRIM KE SELURUH INDONESIA.
    anda yang tidak mau kultur pun bisa ikut berjualan Microworm dengan atas nama anda dan nama dagang anda sebagai pengirimnya. Kami akan mengirimkan resi dan foto box setiap penjualan. Jadi anda tidak perlu repot repot kultur. Cukup sms kami, maka microworm akan sampai ke alamat consumen anda dengan aman.
    CARANYA reseller: deposit awal 100.000 ke kami. Setelah itu harga microworm 25.000 (sudah termasuk 1 paket starter MW, termasuk ongkos kirim, tidak termasuk wadah kultur). Selanjutnya anda bisa pasang iklan dan menjual kembali MIcroworm dengan harga seperti (Paket 2) kami atau bahkan lebih. Jadi 100.000 bisa 4x kirim ke customer anda. Lebih murah dan mudah bukan.

    DIJAMIN MICROWORM AMAN, IKAN ANDA SEHAT, KANTONG ANDA SELAMAT. SILAHKAN BERBELANJA DENGAN MUDAH DAN TIDAK AKAN TERTIPU.

    OFFICE:
    PERUMAHAN SURYA CITRA RESIDENCE BLOK E.26. KOMPLEK TROPODO 1. (Belakang perumahan DELTA SARI INDAH). WARU. SIDOARJO.
    HUBUNGI DINDA SEFIONITA 08563629952. PinBB 7D2A97D9.



    MICROWORM MURAH FREE ONGKIR SURABAYA SIDOARJO MALANG JOMBANG BANDUNG SEMARANG KALIMANTAN SUMATRA SULAWESI BALI LOMBOK JAWA ACEH PAPUA TANGERANG BOGOR JOMBANGKRIAN KEDIRI GRESIK MOJOKERTO PANDAAN PASURUAN JOGJAKARTA SOLO MADIUN KRIAN MATARAM MANADO MEDAN DLL (HARGA PAKET)


    :Peace

    BalasHapus
  31. burayak saya baru berumur 1 hari tapi sdh lebih dari separuh yang mati, bagi solusinya dong

    BalasHapus
  32. YN
    Thank's Gan buat infonya.....
    <a href='http://www.lembaga-sertifikasi-iso.blogspot.com,>Lembaga Sertifikasi ISO </a>
     <a

    BalasHapus
  33. bismilah mudah2an info memberi makan pake kol busuk bisa sukses amin thanks for min<<>>salam hangat

    BalasHapus
  34. mana lebih susah merwat burayaknya ke kolam atau di ember

    BalasHapus
  35. bro ko w miara cupang yg keluar mlah anak orang

    BalasHapus
  36. Untuk pakan burayak umur 3 hari lebih praktis pakai microworm aja. Ane jual dan siap dikirim keseluruh indonesia invite pin 5C6AABCA

    BalasHapus
  37. Gan klo burayak cepet mati
    Tips yg baik itu apa aja sih
    Dan pakan untuk umuran 1 minggu itu apa aja yah.
    Thnks

    BalasHapus
  38. Gan klo burayak cepet mati
    Tips yg baik itu apa aja sih
    Dan pakan untuk umuran 1 minggu itu apa aja yah.
    Thnks

    BalasHapus
  39. Yg dimaksud air rendaman kol itu,cuma airnya doang yg digunain??
    Kol nya kaga gtu ??
    Emang aman??
    Kan baunya jd busuk,trus ga ngaruh sama kondisi air nya??

    BalasHapus
  40. Bro kok Tlur burayak saya gak netes netes ya???? infonya dong!!!!

    BalasHapus
  41. Cara sifon terbaik buat mindah burayak umur 5 hari gimana gan?
    Selain kol,kutir,dan kuning telur apa ada alternatif pakan lain untuk burayak usia 5 hari?
    Thanks jawabannya.

    BalasHapus
  42. Artikelnya lain dari yang lain. sangat membantu
    kunjungi berbagai ragam ikan cupang hias :
    Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC3QoVSZNbiZ1FeZiNcH8wiA
    website : http://www.griyacupang.com
    IG : @griyacupang
    BBM : 54FC0F82

    BalasHapus
  43. Anak cupang kasih makan artemia dah cukup jg. ga sah yg macam2 boss

    BalasHapus
  44. Gan burayak ku di kasi makan cacing sawah sayang sudah saya blender hasilnya wow anakan cupangku cepet gede tapi setiap hari saya di marahin ibuk gan katanya blendernya kotor jijik lagi kalo mau ngejus tapi tak apalah demi cupang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaa komen terlucu ni,, yaiya pasti dimarahin lah gan ama ibuk mu,, knp ga dtumbuk aja cacing nya?

      Hapus
  45. Anakan ikan cupang saya sudah satu minggu gan, tapi airnya sangat keruh fan bau gara gara aku kasih kuning telur rebus
    Bagaimana solusinya gan ?
    Mohon penjelasannya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali seumur hidup aja kasih nya kesana nya kasih kutu air aja cukup ... sampe gede ... dan yang paling penting adalah media pembesaran nya ... karena semakin besar tempatnya burayak bebas kesana kemaru dan cepat besar ... kutu air pakan terbaik untuk umur 10hari sampai 1,5 bulan ... dah untuk pergantian air dilakukan 1 bulan sekali (kalo medianya besar dan lebar)

      Hapus
  46. Burayak gw dri netes smp 10 hari, gw kasih plankton dri daun ketapang, airnya tetep bening kok.
    Di umur 11 hari baru kasih kutu air.
    Klo mau pake kuning telur usahakan telur puyuh,takarannya diatur biar aer gak butek.

    BalasHapus
  47. Maaf mengganggu sekedar info..jantan jgn diangkat sampai umur burayak sudah 3 hari menurut saya 10 hari itu kelamaan dan tanpa disadari si induk akan lapar dan akan memakan anaknya..umur 3 hari burayak sudah bisa berenang dgn lancar koo..klo makan hari keempat setelah menetas baru dikasih..dan jgn sering diliat indukan yg lgi jagain burayaknya krna nnti indukan jd stress dan makan burayak itu sendiri..itu menurut pengalaman saya..saya juga belajar dri orang2 yg sudah handal..untuk pemberian makan burayak harap dikasih artemia atau microworm saja..dan hati2 jd breeder newbie gak boleh grasak grusuk inget tuh saat pijah setelah si jantan membuat busa dan dicampur betina dan jantannya harap tidak diganggu yaa jgn disenggol pula..apalagi saat jaga telur..saat ada telur lgsung pisahkan betina dan biarkan jantan(jgn dikasih makan ya)jgn diliatin juga Krn nnti telurnya dimakanin..pas udh ada burayak jgn disenggol2 karena gelombang airnya itu memengaruhi si burayak..nnti burayak mati klo digoyang2in.. sekian trimaa ksh

    BalasHapus
  48. Emang ini faktor tersulit dalam merawat cupang. Kalo mijahin atau ngawininnya sih biasanya gampang. Tapi merawat burayak cupang yang paling sulitnya..

    thanks udah berbagi om

    BalasHapus
  49. Casinos Near Casinos Near by - Mapyro
    Find your nearest 시흥 출장마사지 casinos and other casino locations near 포천 출장안마 me. With a 파주 출장마사지 location close to 전주 출장샵 you or via public transportation, try to make 충주 출장안마 an educated decision about

    BalasHapus